Selasa, 13 November 2018

Membantu Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus

Kemandirian anak bagi anak berkebutuhan khusus sangat penting. Jika anak normal bisa meniru sendiri dan akan lebih mudah mengajarkan kemandirian. Untuk anak berkebutuhan khusus musti di bantu setiap hari dan secara telaten.

Di sekolah anak saya ada pelajaran khusus untuk membantu kemandirian anak. Guru dan shadow nya dalam mengajar di tuntut selalu sabar dan ikhlas dalam mengajar.

Walaupun sudah di ajarkan di sekolah namun tentu saja waktu yang di habiskan anak jauh lebih banyak di rumah bersama kedua orang tuanya. Jadi di sekolah hanya tambahan saja, justru di rumahlah yang harus lebih intensif dalam mengajari anak untuk mencapai kemandiriannya.

Memakai dan melepas baju bagi anak berkebutuhan khusus perlu di ajari berulang-ulang. Memang kadang merasa greget melihat tidak bisa-bisa saat di ajari. Namun memang karakteristik anak berkebutuhan khusus selalu butuh lebih banyak perhatian dan kesabaran ekstra.

Begitu pula saat belajar menyikat gigi. Yang paling susah saat mengajari membuang pasta gigi dari mulut. Anak berkebutuhan khusus itu sangat kesusahan untuk meludah. Hingga sekarang anak saya belum mampu meludah. Walau Alhamdulillah sudah bisa melepeh makanan.

Yang membuat susah dalam melakukan kegiatan mandiri sehari-hari adalah motorik halus anak yang belum mampu bekerja semestinya. Jangankan motorik halus, motorik kasarnya saja belum sempurna.

Untuk melompat, mengangkat satu kaki yang termasuk motorik kasar saja anak saya belum mampu. Apalagi motorik halusnya.

Memang musti selalu menstimulasi terus untuk membantu menguatkan motorik kasar dan motorik halusnya supaya anak berkebutuhan khusus bisa hidup mandiri.

Jika telaten dan sabar insyaa Alloh suatu saat entah di usia berapa anak berkebutuhan khusus bisa mencapai kemandiriannya. Saat koordinasi tangan dan mata sudah bisa fokus. Saat tangan dan kaki sudah kuat.

Untuk bunda-bunda yang mempunyai anak berkebutuhan khusus mari kita selalu semangat untuk membantu dalam pencapaian kemandirian pada anak kesayangan kita.

#MombassadorSGMEksplor #SGMEksplor #GenerasiMaju

Tidak ada komentar:

Posting Komentar